Sobat Sobat SenjuJasrizal.blogspot.com yang baik hati,,, TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI... mohon maaf atas segala kekurangan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat sobat2ku mengambil hikmah didalamnya....^_^

Selasa, 04 Desember 2012

Tips Agar Membuat Blog Anda Ringan di Akses


1. Memperpendek Halaman Blog

Sebagian blogger sengaja membuat tampilan blognya panjang sampai ke bawah. Tujuannya mungkin ingin menampilkan beberapa postingan terdahulu agar tetap bisa dibaca pengunjung. Namun sebenarnya hal ini bisa membuat proses loading blog menjadi lambat. Cobalah perpendek halaman blog anda. Kalo bisa postingan terbaru saja yang ditampilkan. Jika tetap ingin menampilkan postingan sebelumnya, batasi antara 2 sampai 3 postingan saja atau.. Lamanya loading blog dipengaruhi jumlah posting yang tampil di halaman muka. Agar lebih cepa boleh juga tampilkan 5 – 7 postingan saja. Cara mengatur jumlah postingan ini setelah masuk ke Dashboard, pilih Setting, kemudian pilih Post and Comments.   



2. Mengurangi Perabotan Yang Kurang Bermanfaat

Aksesoris atau widget yang dipajang di blog memang mempunyai banyak fungsi disamping juga mempercantik tampilan blog kita. Tapi, semakin banyak yang dipajang semakin lama proses loadingnya. Apalagi aksesorisnya termasuk kelas berat. Kurangi widget2 yang tak perlu. Gunakan seminimal mungkin aksesoris. Jangan sampai aksesoris blog lebih banyak dari isi blog itu sendiri.
 

3. Hilangkan Foto, Video, dan Musik Berkapasitas Besar Di Blog

Kebanyakan orang membuka sebuah situs adalah untuk mendapatkan informasi. Jika kebetulan blog sobat butuh banyak gambar, maka susutkan ukuran file dan buatlah thumbnail. Jika harus meng-upload gambar ke situs pihak ketiga, periksalah apakah situs tersebut cukup ringan.


Tampilan blog memang kelihatan lebih cantik dan menawan jika dipasang foto/gambar menarik di header maupun sidebar nya. Video & musik juga bisa menjadikan blog kita lebih ciamik. Tapi jika semuanya berkapasitas besar bisa membuat blog kita berat saat dibuka. Cobalah untuk meminimalisir penggunaan gambar atau foto dengan resolusi tinggi. Jika tetap ingin menampilkan foto atau gambar, kompres terlebih dahulu hingga size nya lebih kecil. Begitu juga dengan video atau musik.

Demikianlah tips dari saya semoga bermanfaat bagi Sobat yang blognya masih sedikit kebesaran atau lambat, dan juga buat para blogger mania yang baru belajar. Semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungan nya... Salam Ngeblog n Happy Blogging...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar