Sobat Sobat SenjuJasrizal.blogspot.com yang baik hati,,, TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI... mohon maaf atas segala kekurangan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat sobat2ku mengambil hikmah didalamnya....^_^

Jumat, 15 Februari 2013

Kabupaten Pelalawan

Pelalawan logo.png


Lambang Kabupaten Pelalawan
Motto: Tuah Negeri seiya sekata

Sebagai daerah kabupaten terdekat dengan Ibu Kota Provinsi, Pelalawan menjadi semakin dikenal dengan posisinya yang strategis di jalur lintas Sumatera, kesibukan aktifitas ekonomi, dan kesuburan daerah pertaniannya. Sebagian besar aktifitas ekonomi Kabupaten Pelalawan didukung oleh sektor perkebunan Kelapa Sawit dan industri pengolahan kertas.
Informasi Umum
Kabupaten Pelalawan dengan luas 12.647,29 km², dibelah oleh aliran Sungai Kampar, serta pada kawasan ini menjadi pertemuan dari Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri. Kabupaten Pelalawan memilik beberapa pulau yang relatif besar yaitu: Pulau Mendol, Pulau Serapung dan Pulau Muda serta pulau-pulau yang tergolong kecil seperti: Pulau Tugau, Pulau Labuh, pulau Baru Pulau Ketam dan Pulau Untut, berbatas dengan daerah sebagai berikut:
UtaraKabupaten Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti
SelatanKabupaten Kuantan Singingi dan Pasir Penyu, Indragiri Hulu
BaratKabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru
TimurKabupaten Karimun dan Kabupaten Indragiri Hilir
Lokasi Riau Kabupaten Pelalawan.svg


Kabupaten Pelalawan tersebar disepanjang Sungai Kampar bagian hilir dengan karakter wilayah dataran rendah, termasuk pulau endapan yang terdapat di Kecamatan Kuala Kampar, dengan rasio ketinggian kurang dari 200 meter diatas permukaan laut. Daratannya dibelah oleh sungai besar; Sungai Kampar yang bermuara ke Selat Malaka, yang mana sungai tersebut dapat berfungsi sebagai sarana perhubungan, irigasi, dan sumber air minum. Pada beberapa tempat, daratannya dengan kondisi berbukit dan bergelombang terdiri dari orgonosal, yaitu jenis tanah yang mengandung bahan organik. Kabupaten Pelalawan memiliki iklim tropis dengan suhu berkisar antara 22° C sampai 32° C dan kelembaban udara dengan rata-rata 80-88% dan curah hujan rata-rata 2.598 m²/tahun.
Kabupaten Pelalawan dengan Ibu Kota Pangkalan Kerinci dibagi menjadi 12 daerah Kecamatan, 106 Desa dan 13 daerah Kelurahan.
Berdasarkan data statistik terbaru, populasi penduduk Kabupaten Pelalawan berjumlah 253.308 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 20,42 jiwa/km² yang terdiri dari masyarakat Pesisir, Petalangan dan pendatang dari daerah lain. Penduduk Kabupaten Pelalawan sebagian besar (65%) bekerja disektor pertanian dan 35% bekerja diberbagai bidang pekerjaan, seperti Pegawai Negeri, perdagangan, buruh dan lain-lain.
Sebagaimana daerah-daerah lainnya, Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu daerah pertumbuhan ekonomi yang tergolong cepat. Dalam rangka mengakomodir lajunya pertumbuhan disegala sektor, maka Pemerintah Kabupaten Pelalawan secara berkesinambungan melakukan pembangunan dibidang fasilitas dan infrastruktur.
Kabupaten Pelalawan dapat dengan mudah dijangkau melalui transportasi darat, laut dan udara. Adapun fasilitas dan infrastruktur lain yang sudah tersedia di Kabupaten ini adalah jaringan listrik, jaringan Pos dan Telekomunikasi, Perbankan dan sarana kesehatan.

Daftar Kecamatan

  1. Kecamatan Langgam, dengan ibukota Langgam.
  2. Kecamatan Pangkalan Kerinci, dengan ibukota Pangkalan Kerinci.
  3. Kecamatan Pangkalan Kuras, dengan ibukota Sorek Satu.
  4. Kecamatan Pangkalan Lesung, dengan ibukota Pangkalan Lesung.
  5. Kecamatan Ukui, dengan ibukota, dengan ibukota Ukui Satu.
  6. Kecamatan Kuala Kampar, dengan ibukota Teluk Dalam.
  7. Kecamatan Kerumutan, dengan ibukota Kerumutan.
  8. Kecamatan Teluk Meranti, dengan ibukota Teluk Meranti.
  9. Kecamatan Bunut, dengan ibukota Pangkalan Bunut.
  10. Kecamatan Pelalawan, dengan ibukota Pelalawan.
  11. Kecamatan Bandar Sekijang, dengan ibukota Sekijang.
  12. Kecamatan Bandar Petalangan, dengan ibukota Rawang Empat.

sumber: wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar