Sobat Sobat SenjuJasrizal.blogspot.com yang baik hati,,, TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI... mohon maaf atas segala kekurangan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat sobat2ku mengambil hikmah didalamnya....^_^

Jumat, 15 Februari 2013

Kabupaten Bengkalis


Berada pada jalur pelayaran Internasional tersibuk di dunia, yakni Selat Malaka, Kabupaten Bengkalis juga memainkan peranan penting didalam Segitiga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT).

Informasi Umum

Kabupaten Bengkalis terletak dibagian Pantai Timur Pulau Sumatera. Secara geografis Kabupaten Bengkalis terdiri dari beberapa pulau dengan garis pantai terpanjang di Riau dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka dengan keindahan alam lautnya. Kabupaten ini meliputi wilayah teritorial 12.044,23 km² dengan perbatasan sebagai berikut:
Utara : Selat Malaka
Selatan : Kabupaten Siak
Barat : Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir
Timur : Karimun dan Kabupaten Pelalawan
Dibidang struktur pemerintahan, Kabupaten Bengkalis dibagi menjadi 13 daerah Kecamatan. Adapun daerah Kecamatan adalah Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Mandau, Pinggir, Merbau, Rupat, Rupat Utara, Tebing Tinggi, Tebing Tinggi Barat, Rangsang, dan Rangsang Barat.
Lokasi Riau Kabupaten Bengkalis.svg
Hampir 85% dari topografi daerah ini adalah rendah dan hutan tropis, dengan ketinggian rata-rata 2-6.1 meter diatas permukaan laut dan sebagian besar tipe tanah adalah Organosol, sejenis tanah yang mengandung banyak substansi Organik. Kabupaten ini memiliki sungai-sungai, tasik, 26 pulau besar dan kecil.
Kabupaten Bengkalis memiliki suhu tropis yang sangat dipengaruhi oleh iklim laut dengan temperatur berkisar antara 26° C - 32° C. Musim penghujan biasanya datang dari bulan September-Januari dengan rata-rata curah hujan antara 809-4.078 mm/tahun. Musim kemarau biasanya datang dari bulan Februari hingga Agustus.
Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau 2007 bahwa penduduk Kabupaten Bengkalis pada tahun 2006 tercatat sebanyak 708.363 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 62 juta jiwa/km². Sekitar 58,81% dari penduduk bekerja di sektor pertanian dan sektor lainnya seperti pertambangan, industri, konstruksi, perdagangan, layanan transportasi dan aktifitas lainnya.
Sebagai daerah yang terletak pada bagian paling luar Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis telah dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur yang semakin baik. Adapun fasilitas yang telah ada di Kabupaten Bengkalis antara lain: Transportasi Darat (Jaringan Jalan Raya sepanjang 2,172,670 km²), Transportasi Laut (Pelabuhan dan Fasilitas RORO kapasitas 20-25 kendaraan Roda Empat), dan Transportasi Udara (Bandara di Kec. Bukit Batu), Listrik, Air Bersih, Jaringan Telekomunikasi, Perbankan, dan Akomodasi (Hotel/ Penginapan)di Kota Bengkalis, Selat Panjang, Duri, Sungai Pakning, dan Tanjung Lapin.
 
Pemutakhiran Terakhir : 07 April 2009
sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=130&Itemid=121

Tidak ada komentar:

Posting Komentar