Sobat Sobat SenjuJasrizal.blogspot.com yang baik hati,,, TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI... mohon maaf atas segala kekurangan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat sobat2ku mengambil hikmah didalamnya....^_^

Minggu, 20 Januari 2013

Bahasa Portugis


Bahasa Portugis (português (bantuan · info) adalah bahasa Romantis. Ini adalah bahasa resmi dari Portugal, Brasil, Mozambik, Angola, Cape Verde, Guinea-Bissau, dan Sao Tome dan Principe.  Portugis memiliki co-resmi status (di samping bahasa asli) di Macau di Asia Timur, Timor Leste di Asia Tenggara dan di Guinea Equatorial di Afrika Tengah, keluar dari perluasan bahasa di zaman kolonial, speaker Portugis juga ditemukan di Goa, Daman dan Diu di India. Portugis adalah bagian dari kelompok Ibero-Romantis yang berkembang dari beberapa dialek Latin sehari-hari di Inggris abad pertengahan Galicia. Dengan sekitar 210-215000000 penutur asli dan 240 juta pembicara total, Portugis biasanya terdaftar sebagai bahasa yang paling diucapkan ketujuh di dunia (atau keenam, yang sangat dekat dengan Bengali di penutur asli), bahasa Eropa ketiga yang paling digunakan di dunia , bahasa yang paling diucapkan di kedua Amerika Selatan (jumlah pembicara Spanyol dan Portugis sebenarnya sangat dekat, tetapi sekitar 51% dari penduduk hidup benua di Brazil) dan belahan bumi selatan, yang paling diucapkan kedua Romantis bahasa di Afrika (setelah Perancis ) dan bahasa lisan yang paling Romantis di Oseania, Jepang dan Daratan Asia.
Penulis Spanyol Miguel de Cervantes pernah disebut Portugis "bahasa manis dan ramah" dan dramawan Spanyol Lope de Vega disebut
sebagai "manis", sedangkan penulis Brasil Olavo Bilac puitis menggambarkannya sebagai "a flor última lakukan Lácio, inculta e bela" (bunga terakhir dari Latium, pedesaan dan indah). Portugis juga disebut "bahasa Camões", setelah salah satu tokoh terbesar Portugal sastra, Luís Vaz de Camões. Pada bulan Maret 2006, Museum Bahasa Portugis, sebuah museum interaktif tentang bahasa Portugis, didirikan di São Paulo, Brazil, kota dengan jumlah terbesar dari penutur bahasa Portugis di dunia.
Ketika Romawi tiba di Semenanjung Iberia pada 216 SM, mereka membawa bahasa Latin, dari mana semua bahasa Romantis turun. Bahasa itu disebarkan oleh tentara Romawi tiba, pemukim, dan pedagang, yang membangun sebagian besar kota-kota Romawi di dekat pemukiman dari peradaban sebelumnya.
Antara 409 dan 711 AD, sebagai Kekaisaran Romawi runtuh di Eropa Barat, Semenanjung Iberia ditaklukkan oleh bangsa Jerman (Periode Migrasi). Penjajah, terutama Suebi dan Visigoth, cepat mengadopsi budaya Romawi akhir dan dialek Bahasa Latin Rakyat semenanjung. Setelah invasi Moor dari 711, Arab menjadi bahasa administrasi dalam menaklukkan daerah, namun sebagian besar penduduk terus berbicara bentuk Romantis umumnya dikenal sebagai Mozarabic. Pengaruh yang diberikan oleh bahasa Arab pada dialek Romantis diucapkan dalam kerajaan Kristen terutama dibatasi untuk mempengaruhi leksikon mereka.
Portugis berevolusi dari bahasa abad pertengahan, yang dikenal hari ini oleh ahli bahasa sebagai Galician-Portugis atau Old Portugis atau Old Galicia, Kerajaan barat laut Galicia abad pertengahan, yang pertama di antara kerajaan-kerajaan Kristen setelah awal Reconquista di Semenanjung Iberia dari Moor. Hal ini dalam dokumen administrasi Latin dari abad ke-9 yang tertulis Galician-Portugis kata dan frase yang pertama kali tercatat. Fase ini dikenal sebagai Proto-Portugis, yang berlangsung dari abad ke-9 sampai abad ke-12 kemerdekaan dari County Portugal dari Kerajaan Galicia, maka subkingdom of León. Pada bagian pertama dari Galician-Portugis periode (dari 12 ke abad ke-14), bahasa itu semakin banyak digunakan untuk dokumen dan bentuk tertulis lainnya. Untuk beberapa waktu, itu adalah bahasa preferensi untuk lirik puisi di Christian Hispania, sebanyak Occitan adalah bahasa puisi trobador di Perancis. Portugal menjadi sebuah kerajaan independen pada 1139, di bawah Raja Afonso I dari Portugal. Pada 1290, Raja Denis Portugal menciptakan Portugis universitas pertama di Lisbon (yang Gerais Estudos, kemudian pindah ke Coimbra) dan menetapkan bahwa Portugis, maka cukup disebut "bahasa umum", dikenal sebagai bahasa Portugis dan digunakan secara resmi.
Pada periode kedua Portugis Old, di abad 15 dan 16, dengan penemuan Portugis, bahasa dibawa ke berbagai daerah di Afrika, Asia dan Amerika. Sebagian besar pembicara Portugis sekarang tinggal di Brazil, terbesar bekas koloni Portugal. Pada pertengahan abad ke-16 Portugis telah menjadi lingua franca di Asia dan Afrika, yang digunakan tidak hanya untuk pemerintahan kolonial dan perdagangan tetapi juga untuk komunikasi antara para pejabat lokal dan Eropa dari semua bangsa. Penyebarannya dibantu oleh perkawinan campuran antara orang-orang Portugis dan lokal, dan oleh hubungannya dengan Roma misionaris upaya Katolik, yang menyebabkan pembentukan bahasa Kreol seperti yang Kristang disebut di banyak bagian Asia (dari kata cristão, "Christian" ). Bahasa terus menjadi populer di sebagian Asia sampai abad ke-19. Beberapa berbahasa Portugis komunitas Kristen di India, Sri Lanka, Malaysia, dan Indonesia diawetkan bahasa mereka bahkan setelah mereka diisolasi dari Portugal.
Akhir periode Portugis Lama ditandai oleh publikasi Geral Cancioneiro oleh Garcia de Resende, pada tahun 1516. Waktu awal Portugis modern, yang mencakup periode dari abad ke-16 sampai hari ini, yang ditandai dengan peningkatan jumlah kata belajar dipinjam dari Klasik Latin dan Yunani Klasik sejak Renaissance, yang sangat diperkaya leksikon. Portugis adalah bahasa mayoritas orang di Brazil, [9] Portugal, [10] dan Sao Tome dan Principe (95%) [11]. Portugis dengan cepat menjadi bahasa asli Angola. Menurut data dari tahun 1983, sekitar 60%, mungkin lebih, dari Angola berbahasa Portugis native, dan 80% mengaku kefasihan dalam bahasa Portugis. Medeiros, Adelardo Portugis di Afrika -. Angola [12] Meskipun hanya sekitar 10 persen penduduknya adalah penutur asli bahasa Portugis di Mozambik, bahasa dituturkan oleh sekitar 50,4 persen sana menurut sensus 2007 [13] Hal ini juga diucapkan sebesar 11,5 persen dari populasi di Guinea-Bissau [14]. Tidak ada data yang tersedia untuk Cape Verde, tapi hampir semua penduduk adalah bilingual, dan populasi monolingual berbicara Kreole Cape Verde.
Ada juga signifikan berbahasa Portugis komunitas imigran di banyak negara termasuk Andorra (15,4%), [15] Australia, [16] Bermuda, [17] Kanada (0,72% atau 219.275 orang dalam sensus 2006 [18] tetapi antara 400.000 dan 500.000 menurut Nancy Gomes), [19] Curaçao, Perancis, [20] Jepang, [21] Jersey, [22] Luksemburg (9%), [10] Namibia (sekitar 4-5% dari populasi, terutama pengungsi dari Angola di Utara negara) [23] Paraguay (10,7% atau 636.000 orang), [24] Macau (0.6% atau 12.000 orang), [25] Afrika Selatan, [26] Swiss (196.000 warga negara pada tahun 2008), [27] Venezuela (1 sampai 2% atau 254.000 menjadi 480.000), [28] dan Amerika Serikat (0,24% dari populasi atau 687.126 speaker menurut Survei Komunitas 2007 American), [29] terutama di Connecticut, [30] Florida, [31] Massachusetts (di mana itu adalah bahasa yang paling diucapkan kedua di negara bagian), [32] New Jersey, [33] New York [34] dan Rhode Island. [35]
Di beberapa bagian yaitu Portugis India, mantan Goa, [36] Daman dan Diu, [37] bahasa tersebut masih terus dibicarakan.

sumber: wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar